Download RPP Kurikulum 2013 SMP/Mts Kelas 7, 8, 9 Revisi 2018/2019 - Untuk Guru SMP yang belum memiliki Perangkat Pembelajaran SMP/Mts Lengkap, blog ini menyediakan berbagai administrasi guru yang dapat didownload secara gratis. Perangkat tersebut termasuk
RPP Kurikulum 2013 SMP/MTs, Silabus Kurikulum 2013 SMP/MTs, Program Tahunan & Program Semester Kurikulum 2013 SMP/MTs, dan perangkat pendukung lainnya.
File Donwnload RPP Kurikulum 2013 SMP ini kami bungkus dengan RAR/ Zip, dan disimpan dalam Google Drive. RPP dan perangkat lainnya sudah lengkap untuk kebutuhan Semester 1 dan Semester 2 untuk semua kelas, baik RPP Kurikulum 2013 Kelas VII/ 7, RPP Kurikulum 2013 Kelas VIII/ 8, RPP Kurikulum 2013 Kelas IX/ 9.
Semua perencanaan berawal dari bagaimana kita mengatur waktu yang kita punya untuk 1 semester / 1 tahun, supaya cukup untuk merealisasikan semua kegiatan belajar yang berdasar pada jumlah KD dan Indikator. Dalam hal ini tentu kita memerlukan Perhitungan Minggu Efektif yang mengacu pada Kalender Pendidikan yang berlaku untuk tahun itu.
Cara Menghitung Minggu Efektif? Pelajari Disini.
Kemudian setelah kita mendapatkan Jumlah Alokasi Waktu / Jumlah Pertemuan yang tersedia, baru kita memetakan semua KI, KD, dan Indikator Pembelajaran dalam sebuah Pemetaan KI-KD ( dengan catatan KKM sudah dibuat.
Baca Cara Menentukan KKM Disini ). Maksud dari memetakan disini adalah bagaimana semua KI, KD, dan Indkator dapat diterapkan dengan waktu yang tersedia, dengan cara menentukan Per KD atau Per Indikator akan diberi alokasi waktu yang mungkin tidak akan sama, tergantung dari tingkat kesulitan masing- KD dan Indikator.
Setelah kita membereskan Pemetaas KI-KD-Indikator, maka tinggal kita naikan ke Program Tahunan. Dalam Program Tahunan sebenarnya tidak sulit bahkan hampir sama dengan Pemetaan, dan saya yakin anda bisa melakukannya. Setelah Program Tahunan selesai, sekarang dipecah kedalam 2 semester dalam Program Semester 1 dan 2. Dalam Program Semester kita tinggal membuat kolom sejumlah minggu yang tersedia dan memblok bagian minggu tidak efektif serta memberi keterangan pada minggu tersebut. Pada minggu efektif dibiarkan putih polos dan diisi dengan jumlah jam yang sudah kita perhitungkan pada Pemetaan dan Program Tahunan. Jangan lupa juga dalam mengalokasikan KI-KD dan Indikator ke dalam minggu efektif jangan semuanya dihabiskan, karena ada kegiatan lain yang harus dimasukan seperti Ulangan Harian, dan cadangan untuk jika mendadak sekolah diliburkan dengan alasan tertentu diluar perkiraan kalender pendidikan.

Jika sudah beres dengan Program Semester saatnya diturunkan lagi kedalam bentuk Silabus. Dalam silabus biasanya mencantumkan KI, KD, Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Evaluasi, Sumber Belajar, Alokasi Waktu dan keterangan lainnya. Disini memang agak sulit karena kita sudah harus berfikir tentang kegiatan pembelajaran yang menyangkut Materi Ajar, Model dan Strategi Pembelajaran yang akan kita gunakan dikelas, kemudian pada evaluasi kita juga harus menentukan Soal Evaluasi / Kisi-kisi, serta menentukan sumber belajar apa yang akan kita gunakan dikelas.
Download Perangkat Pembelajaran SMP/ Mts Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan Matematika [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan B. Indonesia [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan B. Inggris [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan IPA [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan IPS [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan PKn [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan PAI-BD [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan PJOK [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan Seni Budaya [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan Prakarya [Download]
RPP, Silabus, Protah, Promes, KKM, KI-KD, Pemetaan Bahasa Sunda [Download]
Adapun komponen-komponen RPP sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 / Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 adalah sebagai berikut:
Identitas meliputi: Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas/Semester, Materi Pokok, Alokasi Waktu
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1. …………………..(KD pada KI-1)
2. …………………..(KD pada KI-2)
3. …………………..(KD pada KI-3)
Indikator: ……………………………………..
4. …………………..(KD pada KI-4)
Indikator: ………………………………………
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
E. Metode Pembelajaran (rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Jika dalam 1 RPP terdiri dari beberapa pertemuan)
1. Pertemuan Kesatu:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
1)………………………………………………………………………….
2)………………………………………………………………………….
3)………………………………………………………………………….
4)………………………………………………………………………….
b. Kegiatan Inti (…menit)
Sesuaikan sintaks dengan model / pendekatan/metode yang dipilih
1). Mengamati
2). Menanya
3). Mengumpulkan dan Mengasosiasikan
4). Mengkomunikasikan hasil
c. Penutup (…menit)
1)………………………………………………………………………..
2). ……………………………………………………………………….
3). ……………………………………………………………………….
4). ………………………………………………………………………
2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
1)………………………………………………………………………….
2)………………………………………………………………………….
3)………………………………………………………………………….
4)………………………………………………………………………….
b. Kegiatan Inti (…menit)
Sesuaikan sintaks dengan model / pendekatan/metode yang dipilih
1). Mengamati
2). Menanya
3). Mengumpulkan dan Mengasosiasikan
4). Mengkomunikasikan hasil
c. Penutup (…menit)
1)………………………………………………………………………..
2). ……………………………………………………………………….
3). ……………………………………………………………………….
4). ………………………………………………………………………
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
(Unjuk Kerja / Kinerja melakukan Praktikum / Sikap / Proyek / Portofolio / Produk / penilaian diri / tes tertulis)
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Isi sesuai (Daftar chek/skala penilaian/Lembar penilaian kinerja/Lembar penilaian sikap/Lembar Observasi/Pertanyaan langsung/Laporan Pribadi/ Kuisioner/ Memilih jawaban/ Mensuplai jawaban/Lembar penilaian portofolio
3. Pedoman penskoran
nie masih k 13 yang lama. edisi revisi 2016 ada nggak
BalasHapus